Dengan Cara Budidaya Ikan Discus Ini, Penghasilan Naik 10x Lipat

Halo teman yukbudidaya.com pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips atau cara bagaimana budidaya ikan discus agar bisa anda jual dengan harga tinggi dengan modal yang sangat minim sekali.

Cara Budidaya Ikan Discus


Sebelum anda mengetahui cara budidaya ikan discus, ada baiknya anda mengerti / mengetahui "basic" dari ikan discus ini.

Ikan discus adalah salah satu jenis ikan air tawar atau bisa juga di bilang dengan salah satu jenis ikan hias air tawar, yang hingga saat ini, ikan discus banyak sekali dicari oleh para penggemar ikan hias di indonesia dan artinya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk anda, apa lagi penjual dari ikan hias discus ini jumlahnya masih sedikit sekali di indonesia.

Untuk sekedar infomasi dan untuk menambah wawasan anda terhadap ikan ini, ikan ini berasal dari daerah amerika latin yakni sungai amazon, ikan discus ini memiliki beberapa jenis dan anda bisa membedakannya dari corak dan juga warna yang ada pada ikan discus tersebut, dan karena corak dan juga warna inilah yang membuat para penggemar ikan hias memburunya / membelinya.


Harga bibit / anakan dan juga indukan ikan discus


Berbicara tentang budidaya maka anda juga harus mengetahui "modal" awal dari usaha anda, dan untungnya bibit - bibit / anakan dari ikan discus ini sangat murah sekali / terjangkau.

harga bibit / anakan dari ikan discus ini adalah Rp 1500 hingga Rp  8000 
harga indukan ikan discus ini adalah Rp 10.000 Hingga Rp 75.000

Bagaimana, sangat murah / terjangkau sekali bukan ?


Pakan / Makanan Ikan Diskus


Jujur saja, ikan diskus ini adalah salah satu ikan yang mudah sekali diberi makan jika dibandingkan dengan ikan hias yang lain, ikan ini bisa anda berikan makan cacing sutra, serangga, buah - buahan, sayur - sayuran, jentik nyamuk, tekur udang, kutu airdan jika anda tidak mau repot, anda juga bisa memberikannya pakan ikan yang dijual di toko - toko ikan hias.

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina


Setelah tadi kita membahas tentang bibit ikan discus dan juga pakannya, sekarang sudah saatnya anda mengetahui bagaimana cara membedakan ikan discus jantan dan juga betina, agar nantinya anda tidak salah dalam mengawinkan ikan discus ini.

Hal ini menjadi sangat penting sekali, karena jika anda tidak memiliki pengetahuan tentang cara membedakan ikan discus jantan dan betina bisa - bisa anda salah mengawinkan ikan discus, mungkin saja anda mengawinkan betina dengan betina atau mengawinkan ikan discus jantan - dengan jantan.

Ciri Ciri Ikan Discus Jantan



  • Hidung nampak agak membengkok
  • Mulut lebih besar dan bibir bagian atas menonjol
  • Bentuk sirip dubur pada umumnya lurus tidak bulat
  • Warna discus memang cerah akan tetapi akan terlihat lebih cerah lagi saat birahi
  • Dan alat kelamin lebih runcing

Ciri ciri Ikan Discu Betina


  • Mulutnya kecil dan bibirnya tipis simetris
  • Hidungnya lurus dan tidak bengkok
  • Bentuk kepalanya tidaklah menonjol
  • Bentuk pada sirip dubur agak bulat dan tidak lurus
  • Warnanya kurang begitu cerah
  • Dan alat kelaminya bulat dan juga lebar.


nah itu adalah perbedaan dari indukan ikan discus jantan dan juga betina, anda harus membacanya secara teliti dan juga mengingatnya didalam kepala anda, sehingga anda tidak salah dalam membudidayakan ikan discus ini.


Mungkin informasi "basic" mengenai ikan discus ini cukup sampai disitu, dan sekarang sudah saatnya anda masuk ketahap selanjutnya, yakni cara budidaya ikan discus dengan modal kecil untung hingga puluhan juta rupiah.

Note : mungkin anda sudah lelah dengan panjangnya artikel cara budidaya ikan discus ini, saran saya sebaiknya anda beristirahat dahulu / jauhkan pandangan anda dari layar hp ataupun layar komputer anda, hal ini untuk menjaga kesehatan mata anda, istirahatlah selama 5 menit  dan lanjutkan kembali membaca artikel ini.

Cara Budidaya Ikan Discus Modal Minim Hasil Puluhan Juta !


Berbicara tentang "budidaya / ternak / memelihara" hewan yang perlu anda siapkan pertama kali adalah "kandang" karena artikel ini membahas tentang ikan makan anda memerlukan aquarium sebagai kandang dari hewan peliharaan / ternakan anda.

Aquarium


Anda bisa memilih Aquarium berbentuk kotak, dengan ukuran medium untuk menaruh bibit ikan / anakan ikan discus, dan anda bisa memindahkannya ke aquarium yang lebih besar jika ikan discus ternakan anda sudah mulai membesar

Hal yang perlu anda ingat adalah jagalah kebersihan dari aquarium ini, untuk amannya, anda bisa menggunakan filter air, selain itu anda juga perlu memperhatikan suhu air yang ada pada aquarium tersebut, tenang anda tidak usah panik dengan bilang "bagaimana cara mengukur suhu air" caranya adalah anda bisa membeli alat bermana heater.

Heater ini adalah alah untuk mengatur suhu panas / dinginnya air yang ada pada aquarium anda, jadi jika suhu ruanga ternak anda panas, maka heater ini akan membuat air menjadi dingin, dan jika suhu ruangan anda dingin makan heater ini akan membuatnya menjadi panas.


Pencahayaan Pada Aquarium


Pencahayaan ini sangat penting dalam membudidayakan ikan discus, selain anda dapat melihat dengan jelas ikan discus anda, pencahayaan ini akan membuat ikan discus anda terjaga kesehatannya dan membuat ikan discus ini menjadi lebih indah


Cara Mengembangbiakan / Mengawinkan Ikan Discus


Di tahapan ini adalah tahap dimana saya menganggap anda telah berhasil membesarkan bibit - bibit / anakan yang telah anda rawat atau mungkin anda langsung membeli indukan ikan discus ini. dan berikut adalah langkah awal dari proses mengawinkan ikan diskus.


  • Siapkan akuarium dengan ukuran 30 cm x 50 cm x 100 cm atau sesuai dengan keinginan Anda
  • Isikan air dari tandon (yang bersih) hingga ketinggian air 25 cm (sisakan 5 cm)
  • Masukkan garam sebanyak 1 sendok makan kemudian daun ketapang 1 lembar
  • Pasang filter air dan biarkan selama 3 hari


Langkah kedua 


Menarug indukan ikan discus kedalam akuarium yang sudah disiapkan pada tahap pertama. Lebih baik, tebarkan induk di waktu pagi atau sore hari. 

Caranya adalah;

  • Siapkan baskom ( jangan menggunakan saringan )
  • Taruh ikan discus dalam baskom
  • Masukkan baskom dalam akuarium dan menggoyang-goyangkannya
  • Proses ini disebut aklimatisasi dan perlu dilakukan selama 10 hingga 15 menit

Ikan discus yang dimasukkan adalah jantan dan betina dengan proporsi yang sama banyak, ukurannya bisa 12 hingga 15 cm.


Langkah ketiga

Cara mengawinkan  ikan discus selanjutnya adalah dengan merawat dan memberi pakan ikan discus. Caranya mudah, di antaranya;

  • Pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali dalam satu hari
  • Waktu terbaik, pagi dan sore hari sekitar jam 8 pagi dan setengah 4 sore
  • Pakan terbaik bisa dari jentik nyamuk atau cacing sutra

Langkah ke 4


Siapkan paralon ukuran sedang / besar dan taruh dibagian pojok bawah dari aquarium tempat anda mengawinkan ikan discus anda, jika anakan ikan discus ini sudah berumur 2 - 3 minggu, anda bisa memindahkan indukan ikan discus ini dan berikan makan kutu air untuk anakan darik hasil perkawinan ikan discus anda.

Pada tahap ini sebetulnya anda sudah bisa dikatakan berhasil dalam membudidayakan ikan discus, akan tetapi anda belum berhasil menjual atau mungkin anda bingung harga jual dari ikan discus hasil budidaya anda. berikut adalah daftar harga jual ikan discus di pasaran.

Ikan discus dewasa Rp 50.000 -  Rp 500.000
Ikan discus anakan Rp 10.000 - Rp 25.000


Sepertinya sudah sangat detail sekali saya menjelaskan cara membudidayakan ikan discus ini, mulai dari informasi basic, cara ternak hinga harga jual, jika artikel ini bermanfaat anda bisa share artikel ini menggunakan social media yang anda gunakan, dan jika ada yang ingin anda tanyakan, anda bisa menanyakannya dengan menggunakan kolom komentar dibawah.

0 Response to "Dengan Cara Budidaya Ikan Discus Ini, Penghasilan Naik 10x Lipat"

Poskan Komentar