Cara Budidaya Vanili Dengan Metode Ini Pasti Berhasil

Cara Budidaya Vanili Dengan Metode Ini Pasti Berhasil


Cara Budidaya Vanili

Vanili adalah tanaman emas berwarna hijau, hal ini dikarenakan tanaman ini mempunyai harga yang lumayan tinggi jika di jual, semakin baik kualitas dari tanaman vanili ini semakin tinggi juga harga jual tanaman tersebut, Oleh sebab itu, banyak orang yang ini budidaya tanaman vanili ini, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang gagal dalam membudidayakan tanaman ini, hal ini bukan tanpa sebab, kemanyakan dari merekan yang gagal membudidayakan tanaman vanili ini karena mereka tidak memiliki ilmu / trik dalam menanan vanili dengan baik dan benar.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya dalam budidaya vanili agar anda yang ingin menanan tanaman tersebut dapat "memetik hasil" sesuai dengan ekspetasi anda. Dalam menanan tanaman vanili ini sebetulnya tidaklah terlalu susah dan juga tidak terlalu mudah, hal ini tergantung dari konsistensi anda dalam merawat tamanan tersebut mulai dari pembibitan sampai dengan tahap akhir, yakni tahap memanen vanili.

Baik, tanpa perlu basa basi lagi, mari kita mulai cara budidaya vanili ini, sebelumnya dalam menanan vanili ini ada 6 buah tahapan yang wajib anda ketahui dan tahapan tersebut adalah :
  1. Lahan
  2. Penanaman Bibit Vanili
  3. Pemeliharaan
  4. Penyerbukan
  5. Pengawasan
  6. Panen 
Langsung saja kita membahasnya satu per satu.
1. Lahan


Untuk sekedar informasi saja, tanaman vanili ini adalah tanaman yang tidak bisa berdiri tegak dengan sendirinya, untuk itu anda wajib memiliki / menanam tanaman pelindung terlebih dahulu tujuannya agar tanaman vanili yang anda tanam nantinya akan tumbuh pada tanaman pelindung yang telah anda tanam sebelumnya.

Jika anda merasa kerepotan dalam menanam tanaman pelindung, anda bisa menggunakan bambu ataupun kawat yang anda bentuk / buat sedemikian rupa, agar tanaman vanili yang anda tanam dapat menjalar ke bambu atau kawat yang anda buat. Dan sebaiknya anda membersihkan terlebih dahulu lahan yang akan anda gunaman untuk budidaya vanili ini, karena jika ada tanaman seperti lumput liat ataupun guima akan menghambat pertumbuhan dari tanaman vanila ini.

Setelah semuanya anda rasa lahan yang akan anda jadikan tempat budidaya vanila sudah bersih, sekarang saatnya anda membeli bibit vanila, tapi jangan terlalu terburu - buru untuk membeli bibit vanila, karena ini adalah salah satu faktor penting pada gagal dan berhasilnya budidaya vanila anda. Hal yang harus anda perhatikan dalam pemilihan bibit vanila ini adalah :

Bibit Vegetativ
  • Umur dari bibit harus lebih dari 10 tahun / sudah tua
  • Mempunyai banyak tunas sulur
  • Tanaman yang akan diambil steknya haruslah memiliki batang yang sehat
  • Produktifitas dari tanaman ini sangatlah tinggi
Sekedar informasi, bibit stek yang baik untuk ditaman ialah harus memiliki umur setidaknya 1 tahun dan mempunyai buku ruas yang rapat / rapi. Untuk penerapannya anda bisa mengikuti langkah berikut ini :
  • Potong sulur tunas untuk stek dengan ukuran 45cm - 75cm
  • Masukan stek yang telah anda potong tadi ke larutan POC NASA ( 1/2cc/l ) tambahkan juga NATURAL GLIO pada cairan tersebut, kemudian diamkan selama 2 - 3 hari.
Hal ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dan mencegah pembusukan pada stek

 Bibit Generatif

Bibit generatif ini ialah bibit yang berasal dari biji vanila dan biasanya bibit ini bisa anda peroleh / dipiih dari Vanilla planifolia Andrews, Vanilla tahitensis JW.Moore,dan Vanilla pompana. Dan yang harus anda perhatikan dari memilih bibit generatif ialah :
  • Tulen
  • Mempunyai sifat yang hampir atau sama dengan induknya
  • Kondisi yang sehat, segar dan sangat baik
  • Wajib tidak tercampur dengan bibit yang kurang baik kualitasnya
2. Penanaman Bibit

bibit vanili

Setelah lahan dan juga bibit sudah anda kerjakan sekarang saatnya penananman bibit vanili, ada beberapa langkah yang wajib anda lakukan dalam penanaman bibit vanila ini, dan langkahnya adalah :
  • Buatlah lubang dengan ukuran 25cm x 15cm x 10cm dan usahakan lubang yang anda buat, berdekatang dengan tanaman pelindung / bambu / kawat yang telah anda siapkan.
  • Tanam stek kedalam lubang dengan posisi datar / rebahan ( horizontal ) 
  • Usahakan cahaya dari sinar matahari dapat mengenai bibit yang telah anda tanam
3. Perawatan Tanaman Vanili

Untuk perawatan tanaman vanili ini meliputi beberapa pekrerjaan yang wajib anda kerjakan, hal ini akan mempengaruhi baik atau buruknya hasil panen yang akan dapat, berikut adalah pekerjaan saat anda merawat vanili :
  • Penyiraman
  • Penyiangan
  • Pemupukan
  • Pemangkasan
Penyiraman
Untuk hal ini berfungsi sebagai menjaga kelembapan tanah dan menjaga agar tanah tersebut tetap basah

Penyiangan
Penyiangan disini dimaksudkan anda menjaga lingkungan dari tanah untuk budidaya vanila terhindar dari rumput liat dan tanaman yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya tanaman vanila anda.

Pemupukan
Mungkin ada banyak diatara anda yang sudah mengetahui fungsi dari pemupukan, pemupukan dilakukan agar tanaman vanila yang anda tanam menjadi subur dan sehat, anda bisa menggunakan pupuk kandang dan pupuk urea.

Pemangkasan
Pemangkasan disini bukan hanya untuk tanaman vanila akan tetapi untuk tanaman pelindung juga, dimana pemangkasan ini berfungsi untuk memaksimalkan tingkat panen yang akan anda dapat nantinya.

4. Penyerbukan Bunga

Penyerbukan vanili
 Hal ini dilakukan karena tanaman vanili tidaklah bisa meneyerbukan dirinya sendiri, maka dari itu anda harus membantu tanaman tersebut dalam hal penyerbukan, untuk melakukannya anda bisa menggunakan alat seperti lidi atau batang apapun yang kecil ( kurang lebih 10 - 15cm ) lalu carilah rostellum yang biasanya menghalangi putik dan kepala sari, jika sudah ketemu sekarang saatnya anda menggunakan alat yang telah anda miliki tadi untuk menyatukan putik dan kepala sari vanili tersebut.

5. Pengawasan

perawatan vanilli
Yang dimaksudkan dengan pengawasan disini adalah anda bukan hanya wajib mengawasi tumbuh kembang dari vanila yang anda tanam akan tetapi anda juga wajib mengawasi "hama" yang dapat membuat rusak tanaman anda, untuk membasmi hama anda bisa melakukan penyemprotan pestisida dan juga Natural GLIO untuk mencegah pembusukan pada batang vanila anda.

6. Panen

panen vanili
Inilah hari yang sudah anda nantikan, tanaman budidaya vanili anda sudah siap di panen, biasanya panen vanila bisa dilakukan sekitar 8 -9 bulan atau tanda - tanda vanila anda sudah siap dipanen aadah memiliki warna kehijauan gelap dan memiliki garis - garis berwarna kekuningan. Biasanya panen dilakukan dengan cara mengambil buah vanila yang sudah tua dan membiarkan vanila yang masih mudah, hal ini dikarenakan buah vanila yang sudah tua memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari vanila yang masih muda.

Sekian cara budidaya vanila yang saya berikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam bercocok tanam tanaman tersebut, jika anda memiliki pertanyaan, anda bisa menanyakan langsung dengan mengisi kolom komentar dibawah ini, saya akan sesegera mungkin menjawab semua pertanyaan anda.

0 Response to "Cara Budidaya Vanili Dengan Metode Ini Pasti Berhasil"

Poskan Komentar