Cara Budidaya Cacing Tanah Agar Hasil Panen Banyak

Cara Budidaya Cacing Tanah Agar Hasil Panen Banyak


Cara Budidaya Cacing Tanah

Siapa yang tidak mengetahui hewan yang satu ini ? cacing adalah hewan hermafrodit yang berlendir dan sedikit menjijikan jika anda melihatnya, akan tetapi cacing tanah ini memiliki peluang usaha yang sangat tinggi dan cukup menghasilkan jika anda membudidayakannya.

Hal ini bukan tanpa sebab karena cacing tanah memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan manusia ataupun untuk pertanian. Apa ? Untuk kesehatan manusia ? iya betul ! cacing tanah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda jika anda mengkonsumsinya, dan manfaatnya adalah :

  • Menyembuhkan Sakit Tifus ( tipes )
  • Obat diare
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Melancarkan pencernaan
  • Antipiretik
  • Menenangkan syaraf
  • Meningkatkan energy tubuh

Untuk sekedar informasi saja, cacing tanah ini memiliki banyak jenis, diantaranya adalah :
  • jenis Eisenia Feitida.
  • jenis Lumbricus Rubellus.
  • jenis Lumbricus Hortensis.
  • jenis Lumbricus Terristris.
  • jenis Esenia Andrei.
  • jenis Perionyx.
  • jenis Eudrilus Engeniae.
Untuk membudidayakan cacing tanah, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui, hal ini memiliki manfaat untuk berhasil atau tidaknya panen cacing tanah yang telah anda budidayakan.

Persiapan Budidaya Cacing Tanah


Persiapan disini meliputi lahan / tempat untuk budidaya cacing tanah, biasanya orang - orang menggunakan wadah seperti terpal yang diberi tanah, tanah untuk budidaya cacing bukanlah tanah sembarangan, anda bisa saja menggunakan tanah sembarangan, namun hasil panen dari cacing tanah ini akan sangat sedikit.

Tanah untuk membudidayakan cacing haruslah memiliki atau mengandung bahan - bahan organik, karena bahannya bersifat organik, itu artinya anda bisa membuatnya sendiri, untuk bahan - bahan pembuatannyapun terbilang sangat mudah untuk dicari yakni dedaunan yang sudah lepas dari pohon, kotoran binatang, bahkan anda bisa memasukan bangkai dari tanaman / hewan, hal ini dikarenakan cacing sangatlah suka tanah yang mengandung bahan yang mudah membusuk, karena mudah dicerna olehnya.

Selain jenis tanah, hal yang perlu anda perhatikan lagi adalah suhu yang ada pada tanah untuk membudidayakan cacing tanah tersebut, pastikan suhu dari tanah sebut sekitar 20 - 30 derajat. Untuk menjaga suhu tetap stabil anda bisa menyiasatinya dengan menaruh wadah untuk budidaya cacing tanah ini pada tempat yang sejuk dan tidak langsung terkena sinar matahari, contohnya anda bisa menaruh wadanya di bawah pohon rindang atau jika tidak ada pohon yang rindang, anda bisa mengakalinya dengan membuatkan atap diatas wadah tersebut.

Jika anda masih bingung dalam membuat wadah / tempat / kandang untuk membudidayakan cacing anda, anda bisa melihat contoh gambar dibawah ini.

Wadah Budidaya Cacing Tanah
Kandang Budidaya Cacing Tanah

Pemilihan Bibit Cacing Tanah


Untuk masalah pembibitan cacing, sebainya anda memilih bibit cacing unggul dan berkualitas, hal ini adalah salah satu faktor keberhasilan anda dalam membudidayakan cacing tanah. Untuk tahap awal sebaiknya anda tidak membeli terlalu banyak bibit cacing atau jika anda sudah merasa sangat yakin, anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak, dengan membeli banyak maka harga dari bibit cacing pun akan jauh lebih murah.

Pemeliharaan Cacing Tanah


Jika dibandingkan dengan memelihara hewan lain, cacing tanah adalah salah satu hewan yang sangat mudah untuk dipelihara, untuk memberi makannyapun tergolong mudah, dan bahkan anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, yakni dedaunan yang sudah lepas dari pohon, kotoran binatang, bahkan anda bisa memasukan bangkai dari tanaman / hewan, yang perlu anda lakukan adalah membuat bahan tersebut menjadi lunak seperti bubuk atau bubur, agar mudah dicerna oleh cacing anda.

Panen Cacing Tanah


Rentang waktu untuk memanen cacing tanah cukup singkat, yakni antara 2 - 2,5 bulan saja, dan tanda - tanda cacing siap di panen adalah, banyaknya telur cacing dan kotoran cacing pada wadah yang telah anda buat sebelumnya. Untuk memanen cacing sanagatlah mudah sekali.
  • Membalikan wadah cacing
  • Memberikan sinar pada wadah cacing

Sekian cara budidaya cacing tanah yang saya berikan, semoga bermanfaat untuk anda, jika ada yang ingin ditanyakan, anda bisa menanyakan langsung dengan cara mengisi kolom komentar dibawah.

0 Response to "Cara Budidaya Cacing Tanah Agar Hasil Panen Banyak"

Poskan Komentar